Tuesday, March 19, 2013

Lingkungan Rumah Pangan Lestari

Berbagai kegiatan berorganisasi dilakukan oleh warga. Salah satunya Kelompok Wanita Tani. Kelompok Wanita Tani ini sebenarnya termasuk Program Kerja PKK terutama Pokja 3. Para Ibu dan remaja putri bergabung menjadi Kelompok Wanita Tani "SRI REJEKI".

Adapun kegiatan yang dilakukan diantaranya mengikuti penyuluhan dari PPL Pertanian Kecamatan Kalimanah, Penyuluhan dari BP3K(Badan Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan), dan Penyuluhan    dari Ketua Tim Penggerak PKK khususnya Pokja 3.

Dari hasil penyuluhan tersebut pada ahirnya dapat dihasiklan kata sepakat untuk bisa menciptakan Lingkungan Rumah Pangan Lestari. Yaitu pemanfaatan lahan pekarangan di sekitar rumah untuk tanaman pangan, khususnya sayur dan Toga.

Antusias warga begitu besar, terbukti dengan diskusi yang cukup panjang pada saat penyuluhan untuk membahas tentang kesuburan tanah, pemupukan dan antisipasi pada penyakit tanaman. Bahkan beberapa warga yang mempunyai lahan cukup luas menanyakan pemasaran untuk kunyit, jahe dan kencur.

Dengan bantuan dari PPL Pertanian, BP3K, Tim Penggerak PKK Kecamatan dan Perangkat Desa bersama-sama menyiapkan tanah subur dan bibit serta berbagai perlengkapan pendukung penciptaan Lingkungan Rumah Pangan Lestari.

Adapun macam tanaman yang ditanam antara lain Cabai rawit, Pare, buncis, bayam, kangkung, kacang panjang, terong, tomat, kara, timun, kangkung darat dan daun bawang. Untuk Toga warga membudidayakan jahe, kunyit, kencur, lengkuas, daun sirih, sereh dan lainnya. Bahkan ada warga yang menanam pohon bratawali, kumis kucing, tapak dara, mahkota dewa, rosella dan tikel balung.

Semangat warga perlu dukungan semua pihak. Terimakasih kepada PPL Pertanian Kec. Kalimanah, BP3K, Tim Penggerak PKK Kec.Kalimanah, Kepala Desa Klapasawit beserta Perangkatnya, Tokoh Masyarakat, serta semua pihak yang telah membantu.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More