Friday, May 3, 2013

GAPOKTAN "KRIDA NGUDI UTOMO"

Dengan mayoritas penduduk bermata pencaharian sebagai petani, maka dirasa perlu dibentuk sebuah organisasi yang beranggotakan para petani di Desa Klapasawit. Yang bertujuan sebagai wadah untuk menampung segala aspirasi para anggotanya. Dan juga sebagai mediator penyampaian informasi tentang pertanian dan perikanan dari Dinas terkait.

Gabungan Kelompok Tani ini juga berfungsi untuk mempermudah para petani guna memperoleh Bibit Unggul dan pupuk. Dimana pada ahirnya terbentuk pola "Dari Anggota Untuk Anggota" yang dirasa lebih menguntungkan para petani itu sendiri.

Dalam organisasi itu pula tercipta kesepakatan-kesepakatan dari seluruh anggota yang keseluruhanya berpatokan mengutamakan kepentingan bersama diatas kepentingan individu atau perorangan. Sehingga terbentuklah pemikiran kebersamaan untuk menuju kemakmuran, menghapus pemikiran maju sendiri tanpa memikirkan petani lain.

Selain tentang Bibit Unggul dan Pupuk dalam organisasi ini juga dijadwalkan gotong royong perawatan sistem irigasi atau pengairan. Semua menjadi lebih mudah terorganisir dan terlaksana dengan baik. Sehingga sistem irigasi yang sudah terbentukpun dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh seluruh petani. Dan pada hasil ahir yang maksimal juga

Penyampaian informasi tentang hama dan penanggulanganya juga disampaikan dalam pertemuan organisasi tersebut. Adapun penanggulangan yang diinformasikan adalah penanggulangan secara alami ataupun menggunakan pestisida.



0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More