Tuesday, March 19, 2013

Profile Desa Klapasawit


Desa Klapasawit terletak di bagian selatan Kabupaten Purbalingga, tepatnya di wilayah Kecamatan Kalimanah. Dengan jumlah penduduk 4.344 jiwa di tahun 2012. Terdiri dari 2.231jiwa penduduk laki-laki dan 2.113 jiwa penduduk perempuan.

Adapun luas Desa Klapasawit mencapai 149,124 Ha. Terdiri dari tanah sawah seluas 97,528 Ha, pemukiman seluas 29,474 Ha, prasarana umum seluas 4,914 Ha, perkantoran seluas 0,071 Ha, pekarangan seluas 14,665 Ha dan luas pemakaman umum 2,758 Ha.

Berada pada ketinggian 40 sampai 70 meter diatas permukaan laut. Dilintasi 2 sungai yaitu Sungai Batu dan Sungai Ponggawa yang dimanfaatkan untuk irigasi pertanian dan penghasil batu kali yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan bangunan.

Secara administratif wilayah Desa Klapasawit terbagi menjadi 3 Dusun, 7 RW dan 16 RT. Dengan batas-batas wilayah sebagai berikut :
  • Sebelah utara berbatasan dengan Desa Karang Jambe
  • Sebelah timur berbatasan dengan Desa Babakan
  • Sebelah selatan berbatasan dengan Desa Selabaya
  • Sebelah barat berbatasan dengan Desa Kedung Wuluh.
Desa Klapasawit terbagi menjadi 3 Dusun :
  1. Dusun I yaitu Dusun Klapasawit. Di dusun Klapasawit ini sebagian besar penduduk bermata pencaharian sebagai petani. Selain itu di dusun Klapasawit terdapat produsen kerajinan tangan (handycraft) berbahan dasar bambu. Selain memenuhi permintaan pasar lokal, produk yang dihasilkan juga sudah banyak yang diimpor keluar negeri. Hal ini menunjukan bahwa produk yang dihasilkan dapat bersaing di kancah internasional.
  2. Dusun II yaitu Dusun Rupakpicis. Di dusun Rupakpicis sebagian besar penduduk bermata pencaharian sebagai pedagang. Dimana mereka menjual Tempe Kedelai yang belum di olah dan  kripik tempe hasil produksi mereka sendiri. Kedua komoditi tersebut sudah cukup dikenal masyarakat Purbalingga. Dan menjadi komoditi andalan makanan khas desa di event produk unggulan.
  3. Dusun III yaitu Wilangan. Di dusun Wilangan mata pencaharian penduduknya berimbang antara petani dan pedagang. jenis barang daganganya pun beragam.
Untuk sarana pendidikan di Desa Klapasawit terdapat 2 SD Negeri, TK Pertiwi dan PAUD Al-Ummah serta TPQ di masing-masing kadus. Dalam kegiatan keagamaan masing-masing kadus memiliki tempat peribadatan yang memadai.

4 comments:

Dimulai dari diri kita, dimulai dari yang terkecil, dimulai dari sekarang.

Bali Ndeso Mbangun Deso

Semangat membangun desa sejahtera.

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More